Pentas Seni


Pentas Seni Karya Mahasiswa Makassar 29 Perguruan Tinggi

imagePementasan Musik Botol dari Komunitas Senu Bestek Univ. 45
Sebanyak 29 lembaga kesenian kampus se kota Makassar turut ambil bagian pada Pentas Karya Seni Mahasiswa Makassar yang kedua berlangsung sejak tanggal 14 Juni hingga 20 Juni 2009 di auditorium Al Amien Universitas Muhammadiyah Makassar
kampus talasalapang jalam Sultan Alauddin, pentas karya terdiri atas pentas teater, sastra, puisi, musik, tari, monolog, musikalisasi puisi serta pameran karya seni rupa sebagai wujud kreativitas para mahasiswa Makassar sepanjang tahun 2008-2009.

PKMM ke 2 dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unismuh Makassar bidang kemahasiswaan Drs. H. Darwis Muhdina, M.Ag dalam sambutannya kepada para mahasiswa peserta event tersebut agar moment PKMM ke 2 tidak hanya dijadikan sebagai ajang pentas karya semata namun lebih menekankankepada jalinan Silaturrahim yang semakin dipererat agar nantinya tercipta kehidupan antar kampus yang ada di seantero kota Makassar semakin kondusif dan damai, serta dapat memberikan contoh tauladan kepada segenap mahasiswa yang di luar komunitas mereka, terhindar dari adanya perseteruan termasuk tawuran sesama mahasiswa sebagaimana yang marak terjadi beberapa tahun terakhir ini.
Pada ceramahnya yang berlangsung singkat Darwis Muhdina pun menyampaikan pesan selaku wakil orang tua mahasiswa di kampus mengaharapkan kepada segenap mahasiswa yang aktif di lembaga kesenian tidak mengabaikan proses akademik, dipesankan kiranya agar tidak lena dengan segala aktivitas ekstrakurikuler namun lebih mengedepankan kuliah agar tidak terlalu lama menyandang status kemahasiswaan dalam artian bagaiman para mahasiswa sedapat mungkin menyelesaikan kuliah tepat waktu maksimal empat tahun.
"Alangkah nikmatnya berkesenian setelah kuliah para ananda rampung secepatnya agar kerja bisa lebih konsentrasi" demikian dipaparkan Rektor III sebelum membuka acara PKMM ke 2 secara resmi.
Antusias masyarakat terhadap kegiatan tersebut cukup tinggi terlihat dari banyaknya pengunjung yang memadati halaman gedung Al Amien mengantri untuk mengisi buku tamu yang disediakan panitia, dari 400 hingga 1000-an pengunjung pada setiap malamnya, mereka berasal dari berbagai kampus yang ada di kota Makassar dan masyarakat umum di jasira selatan kota Makassar dan Sungguminasa kabupaten Gowa. Ke depan diharapkan moment rutin untuk menghelat karya hasil kreativitas mahasiswa pekerja seni diharapkan mampu menggapai publik hingga ke berbagai daerah di propinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan secara langsung segenap pegiat kesenian kampus yang tersebar hampir di 27 kabupaten di Sulsel, “Kita mengharapkan supaya PKMM 3 tahun berikutnya teman-teman bisa terlibat semua” demikian diungkapkan Roy ketua Penyelenggara Pentas Karya Seni Mahasiswa Makassar ke 2 tahun 2009.
Adapun ke 29 lembaga peserta PKMM tersebut adalah sebagai berikut:
  1. UKM SB TALAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
  2. UPKSBS UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
  3. UKM SENI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
  4. UKM SENI DAN BUDAYA ESA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  5. UKM SENI “PANCORAN” UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA PAULUS MAKASSAR
  6. BESTRA FBS UNM
  7. BENGKEL SENI FAK. TEKNIK UNIV. 45 MAKASSAR
  8. UKM SENI KRAMAS YAPMA MAKASSAR
  9. UKM SENI PRASASTI UNIVERSITAS PANCA SAKTI
  10. UKM SENI “SB” SEMBILAN UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
  11. UKM SENI SERAMBI UVRI
  12. TEATER SATU MEI STIMIK HANDAYANI
  13. SANGDIPA STMIK DIPANEGARA
  14. NAC POLTEK UJUNG PANDANG
  15. TEATER STUPA MAKASSAR
  16. KARAMPUANG UNIVERSITAS FAJAR
  17. TEATER TABU UNIVERSITAS ATMAJAYA MAKASSAR
  18. TEATER ARTERI FAK.KEDOKTERAN UMI
  19. BENGKEL SENI YPUP
  20. TEATER KAKI-5
  21. LP3I SPORT AND ARTS
  22. SENIOR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG
  23. IPASS HIMASINDO FKIP UNISMUH MAKASSAR
  24. SANGGAR SENI TURATEA HPMT JENEPONTO
  25. TEATER KISSA FAK.ADAB DAN HUMANIORA UIN ALAUDDIN
  26. TEATER KOBAR
  27. TEATER KLIMAKS STIK TAMALATE
  28. BENGKEL SENI WARAS
  29. HMA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG
Dari dua puluh sembilan komunitas seni kampus tersebut akan menampilkan kurang lebih 203 karya hasil kreativitas selama satu minggu di Unismuh.
Sumber: Muhammad Thahir

Komentar

Postingan Populer