MEMBANGUN KEMAMPUAN MENGHADAPI KESULITAN

Sikap – sikap penting yang perlu dikembangkan dalam bertahan menghadapi kesulitan dan tantangan hidup antara lain :
1.       Tahan Banting (hardiness)
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tahan banting tidak terlalu menderita akibat negatif yang berasal dari kesulitan.
Orang – orang yang tahan banting cenderung tidak terlalu menderita, dan kalaupun menderita tidak terlalu lama.
Sifat tahan banting merupakan peramal kesehatan dan kualitas kehidupan secara keseluruhan.
Penelitian lain melaporkan bahwa sifat tahan banting dapat dibangun, ditingkatkan dan dipacu, misal dengan diberi latihan berupa tugas – tugas dan tanggung jawab tertentu.


2.      Keuletan
Orang yang pernah didera berbagai penderitaan / kesulitan hidup dan mampu memecahkannya, dapat tumbuh menjadi orang – orang ulet. Mereka terbukti memiliki karakteristik sebagai perencana – perencana, mampu menyelesaikan masalah dan bisa memanfaatkan peluang.


Kita semua dilahirkan dengan sejumlah keuletan.
Baru seletah diuji, kita mengenali kekuatan batiniahnya.
Kwesi M Fume

 
 







Keuletan adalah kemampuan yang dapat dipelajari (dibentuk). Orang – orang yang semasa kanak – kanaknya sudah pernah menghadapi dan mengatasi kesulitan, atau menjadi lebih ulet dan kehidupannya lebih baik, dibandingkan mereka yang semasa kanak – kanaknya hidup lebih enak.

3.      Efektivitas Diri
Keyakinan bahwa Anda mengusai kehidupan dan kemampuan Anda untuk menghadapi tantangan yang muncul disebut efektivitas diri.
Penelitian Albert Bandura, menunjukkan bahwa orang yang memiliki rasa efektifitas diri, bisa bangkit kembali dari kegagalan. Ia berfokus pada bagaimana menghadapi sesuatu, bukannya mencemaskan apa jadinya nanti jika salah bertindak.

Kesuksesan sangat dipengaruhi oleh kemampuan Anda dalam mengendalikan atau menguasai kehidupan Anda sendiri.
 
 




Komentar

Postingan Populer